Pemuda seperti apa kita???

Standar

41bouldering

Sumber foto: google

Usia berapa kalian saat ini? termasuk golongan manakah kalian? golongan tua atau golongan muda? apakah kalian termasuk pemuda?

apa sih pemuda itu? menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) pemuda /pe-mu-da/n/ adalah orang muda laki-laki; remaja; teruna: para — ini akan menjadi pemimpin bangsa. Jika orang muda adalah perempuan  maka disebut pemudi.

Sedangkan menurut Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2009, pemuda didefinisikan sebagai warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun. Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-cita pemuda.

Pemuda memiliki peran dalam pembangunan, negara memiliki kewajiban menyediakan wadah yang dapat digunakan dengan tepat dan baik oleh pemuda untuk menyalurkan potensi yang dimiliki. Pemuda merupakan generasi dengan pikirannya yang bebas, idealis, namun adapula yang rasionalis.

Sadarkah kita, bahwa pemuda memegang peranan penting dalam sebuah pembangunan? Siapa yang berhasil menggulingkan rezim kepemimpinan dan menciptkan revolusi tahun 1998? Pemuda. Namun, ada hal yang sangat disayangkan, pada saat yang sama saat rezim digulingkan, para pemuda lupa bahwa mereka pulalah yang harus bertanggung jawab terhadap masa setelahnya, Revolusi. Sayangnya, pemuda pada saat itu belum siap dan perbekalan mereka untuk menghadapi perubahan masih sangat minim.Sehingga apa yang terjadi saat ini adalah buah dari ketidaksiapan pemuda pada perubahan yang tiba-tiba pada masa itu.

Apa yang dilakukan pemuda pada saat ini merupakan cerminan dari kehidupan bangsanya. Karakter pemuda menjadi gambaran karakter negara. Semangat kepemudaan menjadi pemicu semangat Kemasyarakatan. Oleh karananya berdasarkan UU, kepemudaan di Indonesia dibangun berdasarkan asas a) Ketuhanan Yang Maha Esa; b) Kemanusiaan; c) Kebangsaan; d) Kebhinekaan; e) Demikratis, f) Keadilan; f) Partisipatif; h) Kebersamaan; i) Kesetaraan; dan j) Kemandiriaan.

Pemuda seperti apa kita akan menentukan seperti apa pula bangsa kita. Teringat perkataan Ali bin Abi Thalib saat ditanya, mengapa pada masa kepemimpinan beliau nampak kacau, berbeda dengan kepemimpinan sahabat seblumnya seperti utsman, umar dan abu bakar. Dengan tegas Ali menjawab, “karena pada saat kekhalifahan (kepemimpinan) mereka, pemudanya seperti aku, sedangkan saat kekhalifahanku, pemudanya seperti engkau”.

Jadi Pemuda seperti apa kita? Mau menjadi Pemuda seperti apa kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s