perpolitikan indonesia saat ini

Standar

indonesia merupakan salah satu negara yang menganut sistem demokrasi, tetapi tanpa asas yang jelas. Demokrasi, begitu di elu-elukan oleh semua politikus. asas apakah sebenarnya yang mereka gunakan saat berbicara demokrasi? asas kepribadian? meskipun tidak semua politikus demikian. kita percaya bahwa sebenarnya masih ada politikus yang memiliki niat mulia, bahkan banyak yang memiliki niat mulia diawal pencalonannya saja. ketika jadi, sangat sedikit yang masih bertahan dan mempertahankan niat awalnya hingga batas akhir masanya.

ketika terkuak kebusukan mereka, baru kemudian mereka berlomba-lomba menampakkan muka lainnya, berbaik-baik, bahkan ingin menunjukkan kebaikannya demi menutup-nutupi kebusukan yang ia miliki. tetapi sepintar-pintarnya menyimpan bangkai, bau busuknya akan tercium juga. ditunjukkilah kepada kita, masyarakat indonesia mana yang sebenarnya dusta, dan mana yang benar. akan tetapi, lagi-lagi mereka yang berkelakuan sebagai “politikus siluman” pintar sekali membuat yang salah terlihat benar, dan yang benar terlihat salah, sehingga secara kasat mata kita tertipu, meskipun memfitnah menjadi alternatif jalan yang mereka tempuh.

begitu busukkah perpolitikan di indonesia, sehingga menciptakan trauma bagi masyarakat awam bahkan hingga ke generasi penerus. trauma yang diciptakan begitu mendalam, hingga membuat keengganan untuk menyentuh dunia perpolitikan yang sudah sangat busuk. bagaimana hal ini akan dibenahi, ketika generasi tua hanya menyisakkan sesak, bau busuk dan trauma yang begitu banyak dan mendalam. bagian mana dari perpolitikan indonesia yang bisa dijadikan pelajaran maupun pembelajaran? inikah yang akan ditinggalkan oleh para politikus kepada generasi sekarang ini kepada generasi penerus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s